Selasa, 21 Agustus 2012

Prinsip Bintang


Bijaksana
Diperlukan sebuah kesungguhan yang tiada tara agar mampu memahami suara hati. Ia adalah nilai dasar spiritual yang harus dijunjung tinggi. Segala keputusan yang akan kita ambil pada hakekatnya jika dilandasi oleh dank arena Allah, kita akan menemukan sebuah kebijaksanaan mulia dengan penuh kepercayaan diri. Keterbukaan berpikir merupakan hal esensial dalam pengambilan keputusan. Kita bisa memilih diantara berbagai alternatif. Keterbukaan dalam berpikir yang didalamnya terdapat proses memilih-memilih dan sekali lagi ia adalah cerminan sifat bijaksana atau spiritual wisdom milik-Nya.
Contoh sikap seseorang yang berusaha untuk bersikap bijaksanadengan menggunakan 99 Thinking Hat:
1.     Dorongan ingin berkuasa, tidak biasa berdiri sendiri, harus juga suci, bersikap rahman,rohim dan adil.
2.     Dorongan ingin mencipta, tidak bisa berdiri sendiri,harus berhitung dan berilmu.
3.     Dorongan ingin sejahtera , tidak bisa berdiri sendiri, harus suci, pemurah, terpercaya, dan terhormat.
4.     Dorongan ingin bersikap mengasihi, tidak bisa berdiri sendiri, harus tegas dan menjujung tinggi kebenaran.
5.     Dorongan ingin mandiri, tidak bisa berdiri sendiri, harus terpercaya,kokoh dan harus berani memulai sebuah langkah.
Integritas
Seseorang bisa dikatakan memiliki integritas jika ia dalam mengembar tugas atau menjalankan pekerjaanya, dilakukannya dengan sungguh-sungguh layaknya mengerjakan sebuah tugas suci. Ia bekerja dengan hatinya. Atau, dengan kata lain bekerja secara total, sepenuh hati dan dengan semangat tinggi yang berapi-api. Mereka yang didorong oleh kebutuhan untuk meraih prestasi selalu mencari jalan untuk menemukan sukses mereka.
Rasa Aman
Tidak ada satu pun pedoman atau pegangan yang dapat menandingi keyakinan akan Allah yang Maha Agung yang dengan-Nya kita mampu membangun kepercayaan diri mumpuni, yaitu kepercayaan diri yang mampu secara kritis disaring, juga mempengaruhi lingkungan sekitar. Kekuatan iman mampu menjadi jalan tengah yang memadukan antara ilmu dan iman, dunia dan akhirat.
Situasi Terus Berubah
Hanya dengan berpegang kepada Tuhanlah sesungguhnya yang dapat menimbulkan rasa tenang dan aman. Rasa tenang akan menjernihkan pikiran dan pikiran yang jernih akan mampu mengambil inisiatif-inisiatif yang sangat penting dan berharga, sekaligus memberikan kesiapan mental untuk mengahadapi perubahan-perubahan yang pasti akan terjadi.
Kepercayaan Diri
Sebuah kepercayaan diri akan muncul dari dalam diri seseorang yaitu kepercayaan yang mampu melihat manusia sebagai seorang manusia, kepercayaan diri yang timbul karena memiliki prinsip yang Esa-Tuhan sebagai pusat kepercayaan diri. Begitulah, kalau saja setiap muslim mengetahui makna tauhid, niscaya mereka akan merasa sangat bangga dan percaya diri menjadikan Islam sebagai agamanya. Kandungan pengertian kalimat tayibah (Laa ilaha illallah) merupakan proklamasi kemerdekaan martabat kemanusiaan yang nilainya melebihi deklarasi apa pun yang ada di dunia.
Sumber Motivasi
Bercita-citalah besar dan berpikiran maju, kita tidak diciptakan untuk menjadi orang kalah namun diciptakan sebagai wakil Allah di muka bumi untuk memberikan kemajuan dan kesejahteraan. Setiap langkah yang kita buat di muka bumi ini haruslah merupakan langkah-langkah kemenangan. Ingat Allah SWT berada sedekat dengan urat nadi kia. Ia tak ingin kita jatuh namun Ia ingin kita berhasil. Ia senantiasa mendampingi kita dengan suara-suara hati yang merupakan pengejawantahan sifat-sifat-Nya.
Apabila seseorang telah menyadari bahwa dirinya memiliki sifat-sifat yang diturunkan oleh Allah tersebut, maka upayakan serta pupuklah terus hingga menghasilkan kekuatan sekaligus motivasi yang maha dahsyat. Dengan keberanian dan kekuatan yang berlandaskan pada iman tersebut, akan tercipta kesejatian diri (eksestensi) yang bernilai tinggi. Iman yang telah mengetuk kesadaran jati diri sebagai hamba sekaligus khalifatullah itu tidak pernah membiarkan peluang berlalu tanpa arti. Dunia adalah asset, amanah, sekalugus ujian yang penuh tantangan menggairahkan bagi diri setiap mungkin. Dunia adalah wujud pembuktian kualitas diri manusia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar