Jumat, 17 Agustus 2012

Kecerdasan Emosi Menurut Islam


Kecerdasan emosi adalah kemampuan merasakan, memahami, dan secara efektif menerapkan daya dan kepekaan emosi sebagai sumber energy, informasi koneksi, dan pengaruh yang manusiawi. Dapat dikatakan bahwa EQ adalah kemampuan mendengar suara hati sebagai sumber informasi. Untuk pemilik EQ yang baik, baginya informasi tidak hanya didapat lewat panca indra tapi ada sumber lain dari dalam dirinya sendiri yakni suara hati. Bahkan sumber informasi yang disebut terakhir akan menyaring dan memilah informasi yang didapat dari panca indra.
Hati adalah sumber keberanian dan semangat, integritas, dan komitmen. Hati merupakan sumber energy dan perasaan terdalam yang member dorongan untuk belajar, menciptakan kerja sama, memimpin, dan melayani. Keharusan memelihara hati agar tidak kotor dan rusak sangat dianjurkan oleh Islam. Hati yang bersih dan tidak tercemar dapat memancarkan EQ dengan baik. Diantara hal yang merusak hati dan memperlemah daya kerjanya adalah dosa. Oleh karena itu, ayat-ayat Al-Quran dan Hadis Rasulullah SAW banyak bicara tentang kesucian hati. Lihat ayat-ayat berikut ini:
·        Firman-Nya dalam Al-A’raf:179 menyatakan bahwa orang yang hatinya tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya disebabkan kotor disamakan dengan binatang, bahkan lebih hina lagi.
·        Firman-Nya dalam Al-Hajj:46 menegaskan bahwa orang yang tidak mengambil pelajaran dari perjalanan hidupnya di muka bumi adalah orang yang buta hatinya.
·        Firman-Nya dalam Al-Baqarah:74, menegaskan bahwa orang yang hatinya tidak disinari dengan prtunjuk Allah SWT diumpamakan lebih keras dari  batu.
·        Firman-Nya dalam Fushshilat:5 menyatakan adanya pengakuan dari orang yang tidak menindahkan petunjuk agama bahwa hati mereka tertutup dan telinga mereka tersumbat.
Mengacu pada ayat di atas dapat disimpulkan bahwa EQ berkaitan erat dengan kehidupan keagamaan. Apabila petunjuk agama dijadikan panduan kehidupan, maka akan berdampak positif terhadap kecerdasan emosi. Begitu pula sebaliknya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar